Jumat, 30 Desember 2011

Dishutbun Aceh Selatan Salurkan 485 ribu Bibit Kakao dan Pala


Pantai Barat - 13 December 2011

Tapaktuan | Harian Aceh - Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Aceh Selatan menyalurkan 485 ribu batang bibit kakao dan pala ke petani di tahun ini. Bagi 58 kelompok penerima manfaat tahun lalu, juga menerima biaya pemeliharaan.

Buah Coklat.

Sebanyak 48 kelompok masyarakat yang tersebar di seluruh kecamatan dalam kabupaten Aceh Selatan menerima bantuan 385 ribu batang bibit kakao beserta pupuk dan uang tanam, melalui program pembangunan baru kebun kakao masyarakat. Setiap hektar lahan menerima 1.100 batangt.

Bersamaan dengan itu juga disalurkan 100 ribu batang bibit tanaman pala bagi 45 kelompok masyarakat tani, namun tanpa pupuk dan uang tanam. Setiap anggota kelompok menerima 100 batang bibit.

Said Azhar, Kepala Dishutbun Aceh Selatan mengatakan, bantuan bibit itu bagian dari program peningkatan produksi perkebunan dan pertanian masyarakat tersebut, menelan biaya sebesar Rp4,3 miliiar lebih dari dana Otsus Aceh tahun anggaran 2011.

“Dari total tersebut termasuk di dalamnya penyaluran biaya pemeliharaan kepada 58 kelompok yang tahun lalu menerima bibit,” katanya pada Harian Aceh usai Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2011 di SMAN Unggul Tapaktuan, Senin (12/12).

Kadis juga menerangkan, tahun ini biaya pemeliharaan disalurkan berdasarkan luas tanah yang dimiliki petani dalam kelompok. Petani sawit per hektarenya memperoleh bantuan pemeliharaan berupa insektisida sebanyak 1 liter, 25 kg pupuk MPK, dan uang senilai Rp1.125ribu rupiah. Bantuan disalurkan sebanyak 200 ha.

Petani kakao menerima biaya pemeliharaan sebanyak 100 ha lahan dan bantuan per hektarenya sama dengan petani sawit. Hanya jumlah uang yang berbeda, yakni Rp900 ribu.

Sedangkan petani pala menerima biaya perawatan diperuntukan 220 ha lahan yang tertanam, rincian perhektarnya adalah, 1 liter biopektisida, 75 kg pupuk MPK, 25 kg racun hama, dan uang Rp900 ribu.

Afdal, Ketua “Ladang Baru” salah satu kelompok yang beranggotakan 25 orang di Dusun Gunung Durian Gampong Lhok Bengkuang Tapaktuan, mengaku, mereka terbantu dengan adanya bantuan bibit pala tersebut.

“Kelompok kami menerima 2500 batang bibit bersertifikat yang umurnya diperkirakan sudah mencapai dua tahun dengan tinggi bervariasi dari 1 hingga 1,5 meter,” katanya.(chr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar