Minggu, 29 Januari 2012

Nelayan Simeulue Gelar Kenduri Laot

Sinabang | Harian Aceh – Ratusan nelayan dan pedagang ikan dari delapan kecamatan di Kabupaten Simeulue, Rabu (12/1), menggelar acara kenduri laot di Pelabuhan Pendaratan Ikan Pasar Inpres Kota Sinabang.


Pada acara itu lambaga Panglima Laot Lhok Sinabang menyerahkan sejumlah paket santunan terhadap 50 orang anak nelayan kurang mampu dan kaum duafa. Bantuan tersebut diserahkan Bupati Drs Darmili.
Menurut, Riswan Panter, Panglima Laot Kabupaten Simeulue, kenduri laot perdana tersebut dilakukan untuk menjalin ikatan bathin dan persatuan yang kokoh sesama nelayan, dan memelihara sumber daya alam yang ada serta adat istiadat laot. “Lembaga panglima laot Kabupaten Simeulue, hingga saat ini belum memiliki kantor administrasi yang permanen untuk melayani lebih dari tiga ribu nelayan dan pedagang ikan yang tersebar di delapan kecamatan yang ada,” jelasnya.
Dalam waktu dekat Lembaga Panglima Laot, akan menggelar duek pakat, untuk menyusun rencana program dan rekomendasi serta meminta supaya kenduri laot ini menjadi agenda tahunan yang memiliki legalitas dari pemerintah.
“Kita sangat sayangkan struktur lembaga adat laot, sampai saat ini hanya jalan di tempat, termasuk juga kantor Panglima Laot Kabupaten Simeulue, yang masih numpang, padahal ribuan nelayan dan pedagang ingin selalu berkoordinasi,” kata Asrial Dani D, Nelayan warga Kota Sinabang.(ahm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar