Jumat, 20 Januari 2012

PA Mendaftar Karena Patuh Putusan MK

PA Mendaftar Karena Patuh Putusan MK

Hayatullah Zuboidi | The Globe Journal | Jum`at, 20 Januari 2012
 Banda Aceh - Akhirnya Partai Aceh mendaftar juga. Setelah tahapan-tahapan yang diatur oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang lalu mereka tolak karena dianggap tidak sesuai UUPA. Namun kali ini menurut PA, aturan-atuan tersebut tidak bertentangan lagi dengan UUPA padahal kenyataannya independen masih ada didalam peraturan yang baru ini.

“Soal dasar hukum memang sudah tepat, karena apapun yang diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) harus dilaksanakan,”kata calon gubernur Aceh, Dr. Zaini Abdullah saat konferensi pers usai mendaftar di Media Center KIP Aceh, Jumat (20/1).

Menurut Zaini meskipun dalam Pemilukada Aceh harus dijalankan berdasarkan qanun karena itu diatur dalam UUPA, tetapi demi perdamaian Aceh pihaknya menjalankan apa yang diputuskan MK, meskipun ada independen didalam aturannya.

Zaini menjalaskan Partai Aceh adalah partai yang dari semula memperjuangkan untuk kepentingan rakyat Aceh. “Dalam hal-hal ketentuan yang perlu diambil, demi untuk melanjutkan perdamaian Aceh, perdamaian yang telah kita capai, melaui perjanjian MoU Helsinki dan selanjutnya butir-butir dari pada Mou Helsinki itu dijabarkan ke dalam UU nomor 11, UUPA,”imbuh Zaini.

Ditanya masalah bagaimana kalau masyarakat menilai bahwa PA tidak konsisten dengan keputusannya tidak mau mendaftar karena ada independen didalamnya. Menurut calon wakil gubernur Aceh, Muzakir Manaf yang mendampingi Zaini saat itu mengatakan, meskipun tidak dijelaskan pihaknya menyimpulkan bahwa itu keputusan mereka untuk maju dalam Pemilukada Aceh.

“Kita masuk dalam pesta demokrasi bahwa kami juga bertanggung jawab dalam menjaga perdamaian Aceh ini,”ungkap pria yang akrab disapa Mualem itu. Kemudian ditanya komitmen mereka jika tidak terpilih nantinya, Mualem dan Zaini seraya mengatakan bahwa itu terserah kepada Allah, dan terserah kepada rakyat.

”Kami maju ini masalah terpilih dan tidak terpilih itu hanya Allah yang menentukan,” imbuh Zaini lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar